RPP materi Optik Kurikulum 2013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Lugina Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/Genap Pertemuan ke :
1
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
KI.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI.2 Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan
proaktif), menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa, serta memposisikan diri sebagai agen transformasi
masyarakat dalam membangun peradaban bangsa dan dunia.
KI.3 Memahami, menerapkan, dan menjelaskan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untukmemecahkan masalah.
KI.4 Mencoba, mengolah,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR
3.7
Mendeskripsikan cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan
pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menjelaskan
sifat-sifat pemantulan cahaya pada cermin dan lensa
2. Mendeskripsikan
fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teleskop
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta
didik dapat mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kamera, dan
mikroskop dengan benar
2. Peserta
didik dapat menganalisis fungsi dan bagian alat optik mata dan kamera, dan
mikroskop dengan benar
E.
Sikap Peserta Didik yang Diharapkan
1. Disiplin
2. Jujur
3. Teliti
4. Kritis
5. Bertanggungjawab
F.
Materi
Pokok Pembelajaran
Faktual
Jenis
alat-alat optik , yaitu mata, loop, mikroskop, teleskop, kamera, dan sebagainya
1.
Mata
Bagian-bagian mata manusia terdiri dari:
·
Kornea: Kornea merupakan lapisan mata
paling depan dan keras, berfungsi untuk melindungi bagian mata yang lunak dan
sensitif. Tebalnya 0,5 mm.
·
Pupil: Pupil adalah celah berbentuk
lingkaran yang berfungsi agar cahaya dapat masuk ke dalam mata. Saat cahaya
terang pupil menguncup dan pada saat cahaya gelap pupil melebar.
·
Iris: Iris adalah selaput berwarna
hitam dan biru, yang berfungsi mengatur besar dan kecilnya pupil.
·
Lensa mata: terdiri dari kristal,
mempunyai dua permukaan dengan jari-jari kelengkungan 7,8 mm. Lensa berfungsi
membiaskan sinar pada benda sehingga menghasilkan bayangan pada retina, dan
memfokuskan objek pada berbagai jarak.
·
Aqueous humour: cairan di depan lensa
mata, berfungsi untuk membiaskan cahaya ke dalam mata.
·
Viterous humour: cairan di dalam bola
mata, berfungsi untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju retina
·
Retina: berfungsi sebagai layar tempat
terbentuknya bayangan benda yang dilihat. Retina merupakan bagian mata yang
penuh syaraf yang sensitif terhadap cahaya. Dari retina ini akan dilanjutkan ke
syaraf optikus.
·
Fovea sentralis: daerah cekung yang
berukuran 0,25 mm dan di tengahnya terdapat bintik kuning.
2.
Kamera
·
Kanta/lensa
(Lens) berfungsi berperanan membentuk imej ke filem
·
Aperture
berfungsi mengukur berapa luas iris lensa kamera dibuka. Lebih luas ianya
dibuka bermakna lebih banyak cahaya yang masuk. Aperture besar
diwakili oleh nomor kecil seperti f/4. Aperture yang kecil pula diwakili oleh
nomor besar seperti f/16.
·
Shutter merupakan
sebuah tingkap yang akan terbuka apabila setiap butang pengatup shutter
ditekan untuk mengambil gambar. Pengatup berperanan untuk mengawal cahaya
yang masuk ke dalam kamera.
·
Pelepas
Shutter berfungsi untuk mengambil gambar
·
Kawalan
kelajuan Shutter dimanaa kelajuan diukur dengan pecahan per saat
seperti: 1/30, 1/60, 1/125, 1/250, 1/500 dan 1/1000 of a second. 1/1000
merupakan speed paling laju berbanding 1/30.
·
Viewfinder
sebagai tingkap penilik pandangan sebagai frame gambar.
3.
Mikroskop
Fungsi Setiap
Bagian dan Fungsi Secara Umum
· Lensa Okuler yang dekat dengan mata
pengamat, berfungsi memperbesar benda yang dibentuk oleh lensa objektif.
· Lensa Objektif yang dekat dengan
benda yang diamati, berfungsi menentukan bayangan objektif serta memperbesar
benda yang diamati.
· Tabung Mikroskop, berfungsi mengatur
fokus, dapat dinaikkan dan diturunkan.
· Tombol pengatur fokus kasar,
berfungsi mencari fokus bayangan objek secara cepat.
· Tombol pengatur fokus halus,
berfungsi memfokuskan bayangan objek secara lambat.
· Revolver, berfungsi memilih lensa
obyektif yang akan digunakan.
· Lengan Mikroskop, berfungsi untuk
pegangan saat membawa mikroskop.
· Meja Preparat, berfungsi untuk
meletakkan objek (benda) yang akan diamati.
· Penjepit Objek Glass, berfungsi
menjepit preparat di atas meja preparat agar preparat tidak bergeser.
· Kondensor merupakan lensa tambahan,
berfungsi mengumpulkan cahaya yang masuk dalam mikroskop.
· Diafragma yang berupa lubang-lubang
yang ukurannya dari kecil sampai selebar lubang pada meja objek, berfungsi
mengatur banyak sedikitnya cahaya yang akan masuk mikroskop.
· Reflektor/cermin, berfungsi
memantulkan dan mengarahkan cahaya ke dalam mikroskop. Ada 2 jenis cermin,
yaitu datar dan cekung.
· Kaki Mikroskop, berfungsi menjaga
mikroskop agar dapat berdiri dengan mantap di atas meja.
Konseptual :
Kemampuan setiap komponen alat-alat optik untuk
berfungsi sesuai dengan prinsipnya
Prosedural :
Cara Kerja Alat Kamera
Saat cahaya bergerak dari sebuah medium ke medium yang
lain, maka kecepatan cahaya akan berubah. Kecepatan cahaya akan lebih besar
jika cahaya bergerak di udara dibandingkan ketika bergerak di dalam kaca.
Dengan demikian, sebuah lensa menyebabkan kecepatan cahaya melambat.Ketika
gelombang cahaya memasuki sekeping kaca dengan sudut tertentu, satu bagian dari
gelombang tersebut akan mencapai kaca lebih dahulu dibandingkan dengan bagian
yang lainnya. Akibatnya, bagian yang pertama kali memasuki kaca akan mengalami
perlambatan lebih dahulu sebelum bagian yang lainnya.
Cara Kerja Alat Mikroskop
Objek O
diletakkan jauh dari lensa objektif yang mempunyai titik focus pertama F1.
Lensa objektif ini merupakan lensa cembung yang dapat membentuk bayangan nyata
dan diperbesar. Bayangan terletak di dalam titik focus pertama F’1
dari lensa cembung kedua yang disebut lensa okuler. Lensa okuler beraksi
sebagai kaca pembesar dan pembentuk bayangan terakhir I’ dari I.
Posisi I berada di antara titik terdekat dan terjauh mata.
G. Metode Pembelajaran
1.
Metode Pembelajaran : Ceramah, presentasi, diskusi
2.
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
3.
Model Pembelajaran : Kooperatif
H. Media, alat dan Sumber Belajar
1. Media : powerpoint, LKPD
2. Alat : proyektor, laptop,
papan tulis, spidol
3. Sumber
belajar :
-
Internet
-
Sumarsono, Joko. 2008. Fisika untuk SMA/MA
Kelas X. Jakarta : CV. Teguh
Jaya
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Indikator
|
Kegiatan
|
Tahapan
|
Aktivitas
|
Metode
|
Media
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||||||
Pendahuluan
|
Pembukaan
|
Mengucap salam, berdo’a
menyiapkan peserta didik, membuka pertemuan, dan mengabsen kehadiran peserta
didik
|
Menjawab salam, berdo’a,
menyiapkan diri (duduk rapih, menyiapkan alat tulis dan keperluan lain yang
dibutuhkan saat belajar), dan memberikan respon kepada guru
|
-
|
2
menit
|
sikap
|
||
Membagi Kelompok
|
Mengintruksikan peserta
didik untuk menjadi 3 kelompok
|
Duduk sesuai dengan
kelomponya masing-masing
|
Ceramah
|
1
menit
|
||||
Menjelaskan sifat-sifat pemantulan cahaya pada
cermin dan lensa
|
Apersepsi
|
Mengingatkan kembali materi
optik saat di SMP/MTs
|
Mengingat kembali materi
optik saat di SMP/MTs khusunya pada sifat-sifat cahaya
|
Tanya jawab
|
-
|
2
menit
|
||
Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata
dan kacamata, mikroskop, dan teleskop
|
Inti
|
Mengamati
|
Guru membagikan LKPD kepada
peserta didik perkelompok
|
Peserta didik menerima LKPD
|
Presentasi
|
LKPD
|
30
menit
|
Sikap
|
Mencoba
|
Mengintruksikan peserta
didik untuk membaca dan memahami, dan mendiskusikan LKPD yang telah dibagikan
sesuai kelompok
|
Membaca dan memahami LKPD
yang telah dibagikan sesuai kelompok
|
Diskusi
|
LKPD
|
-
|
|||
Mengkomunikasikan
|
Mengintruksikan peserta
didik untuk mempresentasikan dan menjelaskan LKPD yang telah dibaca dan
didiskusikan sebelumnya sesuai kelompok
|
Menunjukkan dan menjelaskan
gambar alat optik mata, kacamata, mikroskop, dan teleskop beserta fungsinya
sesuai kelompok masing-masing
|
Presentasi
|
LKPD dan power point
|
Presentasi
|
|||
Menanya
|
Memberikan peserta didik
kesempatan untuk bertanya mengenai alat-alat otik
|
Bertanya mengenai alat-alat
optik
|
Tanya jawab
|
LKPD
|
||||
Mengasosiasi
|
Memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk membandingkan alat-alat optik dari setiap kelompok
|
Membandingkan alat-alat
optik dari kelompok lain
|
Diskusi
|
LKPD
|
||||
Menyimpulkan
persamaan dan perbedaan prinsip kerja alat-alat optik
|
Penutup
|
Menyimpulkan
|
Meminta peserta didik untuk
menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai persamaan prinsip dari alat-alat optik
|
Menyimpulkan hasil pembelajaran
mengenai persamaan prinsip dari alat-alat optik
|
Presentasi
|
-
|
2
menit
|
|
Berdo’a dan menutup
pertemuan
|
Berdo’a dan menutup
pertemuan
|
Sikap
|
J. Penilaian Hasil Belajar
1. Prosedur
penilaian : Tes formatif
2. Teknik
Penilaian : observasi
proses pembelajaran, presentasi kelompok
3. Bentuk
instrumen : keterampilan
mempresentasikan materi optik
K. Tugas
Tugas
kelompok :
·
diskusi dan presentasi sesuai dengan
tema alat-alat optik yang dibagikan perkelompok
·
mengajukan 3 pertanyaan untuk setiap
kelompok
·
menjawab pertanyaan dari kelompok lain
Komentar
Posting Komentar