RPP materi Optik Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah            : SMA Lugina                                                                                                Mata Pelajaran        : Fisika
Kelas/Semester           : X/Genap                                                                                          Pertemuan ke            : 1
Alokasi Waktu           : 1 x 40 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
KI.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan
        proaktif), menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa, serta memposisikan diri sebagai agen transformasi
        masyarakat dalam membangun peradaban bangsa dan dunia.
KI.3 Memahami, menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta        menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah.
KI.4 Mencoba, mengolah, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah           secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR
3.7 Mendeskripsikan cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Menjelaskan sifat-sifat pemantulan cahaya pada cermin dan lensa
2.      Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teleskop

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kamera, dan mikroskop dengan benar
2.      Peserta didik dapat menganalisis fungsi dan bagian alat optik mata dan kamera, dan mikroskop dengan benar


E.     Sikap Peserta Didik yang Diharapkan
1.      Disiplin
2.      Jujur
3.      Teliti
4.      Kritis
5.      Bertanggungjawab

F.     Materi Pokok Pembelajaran
Faktual
Jenis alat-alat optik , yaitu mata, loop, mikroskop, teleskop, kamera, dan sebagainya
1.      Mata
Bagian-bagian mata manusia terdiri dari:
·      Kornea: Kornea merupakan lapisan mata paling depan dan keras, berfungsi untuk melindungi bagian mata yang lunak dan sensitif. Tebalnya 0,5 mm.
·      Pupil: Pupil adalah celah berbentuk lingkaran yang berfungsi agar cahaya dapat masuk ke dalam mata. Saat cahaya terang pupil menguncup dan pada saat cahaya gelap pupil melebar.
·      Iris: Iris adalah selaput berwarna hitam dan biru, yang berfungsi mengatur besar dan kecilnya pupil.
·      Lensa mata: terdiri dari kristal, mempunyai dua permukaan dengan jari-jari kelengkungan 7,8 mm. Lensa berfungsi membiaskan sinar pada benda sehingga menghasilkan bayangan pada retina, dan memfokuskan objek pada berbagai jarak.
·      Aqueous humour: cairan di depan lensa mata, berfungsi untuk membiaskan cahaya ke dalam mata.
·      Viterous humour: cairan di dalam bola mata, berfungsi untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju retina
·      Retina: berfungsi sebagai layar tempat terbentuknya bayangan benda yang dilihat. Retina merupakan bagian mata yang penuh syaraf yang sensitif terhadap cahaya. Dari retina ini akan dilanjutkan ke syaraf optikus.
·      Fovea sentralis: daerah cekung yang berukuran 0,25 mm dan di tengahnya terdapat bintik kuning.

2.      Kamera
·           Kanta/lensa (Lens) berfungsi berperanan membentuk imej ke filem
·           Aperture berfungsi mengukur berapa luas iris lensa kamera dibuka. Lebih luas ianya dibuka bermakna lebih banyak cahaya  yang  masuk. Aperture besar diwakili oleh nomor kecil seperti f/4. Aperture yang kecil pula diwakili oleh nomor  besar seperti f/16.
·           Shutter merupakan sebuah tingkap yang  akan terbuka apabila setiap butang pengatup shutter ditekan untuk  mengambil gambar. Pengatup berperanan untuk mengawal cahaya yang masuk ke dalam kamera.
·           Pelepas Shutter  berfungsi untuk mengambil gambar
·           Kawalan kelajuan Shutter dimanaa kelajuan diukur dengan pecahan per saat seperti: 1/30, 1/60, 1/125, 1/250, 1/500 dan  1/1000 of a second. 1/1000 merupakan speed paling laju berbanding 1/30.
·           Viewfinder sebagai tingkap penilik pandangan sebagai frame gambar.

3.      Mikroskop
Fungsi Setiap Bagian dan Fungsi Secara Umum
·  Lensa Okuler yang dekat dengan mata pengamat, berfungsi memperbesar benda yang dibentuk oleh lensa objektif.
·  Lensa Objektif yang dekat dengan benda yang diamati, berfungsi menentukan bayangan objektif serta memperbesar benda yang diamati.
·  Tabung Mikroskop, berfungsi mengatur fokus, dapat dinaikkan dan diturunkan.
·  Tombol pengatur fokus kasar, berfungsi mencari fokus bayangan objek secara cepat.
·  Tombol pengatur fokus halus, berfungsi memfokuskan bayangan objek secara lambat.
·  Revolver, berfungsi memilih lensa obyektif yang akan digunakan.
·  Lengan Mikroskop, berfungsi untuk pegangan saat membawa mikroskop.
·  Meja Preparat, berfungsi untuk meletakkan objek (benda) yang akan diamati.
·  Penjepit Objek Glass, berfungsi menjepit preparat di atas meja preparat agar preparat tidak bergeser.
·  Kondensor merupakan lensa tambahan, berfungsi mengumpulkan cahaya yang masuk dalam mikroskop.
·  Diafragma yang berupa lubang-lubang yang ukurannya dari kecil sampai selebar lubang pada meja objek, berfungsi mengatur banyak sedikitnya cahaya yang akan masuk mikroskop.
·  Reflektor/cermin, berfungsi memantulkan dan mengarahkan cahaya ke dalam mikroskop. Ada 2 jenis cermin, yaitu datar dan cekung.
·  Kaki Mikroskop, berfungsi menjaga mikroskop agar dapat berdiri dengan mantap di atas meja.

Konseptual :
Kemampuan setiap komponen alat-alat optik untuk berfungsi sesuai dengan prinsipnya
Prosedural :

Cara Kerja Alat Kamera
Saat cahaya bergerak dari sebuah medium ke medium yang lain, maka kecepatan cahaya akan berubah. Kecepatan cahaya akan lebih besar jika cahaya bergerak di udara dibandingkan ketika bergerak di dalam kaca. Dengan demikian, sebuah lensa menyebabkan kecepatan cahaya melambat.Ketika gelombang cahaya memasuki sekeping kaca dengan sudut tertentu, satu bagian dari gelombang tersebut akan mencapai kaca lebih dahulu dibandingkan dengan bagian yang lainnya. Akibatnya, bagian yang pertama kali memasuki kaca akan mengalami perlambatan lebih dahulu sebelum bagian yang lainnya.
Cara Kerja Alat Mikroskop
Objek O diletakkan jauh dari lensa objektif yang mempunyai titik focus pertama F1. Lensa objektif ini merupakan lensa cembung yang dapat membentuk bayangan nyata dan diperbesar. Bayangan terletak di dalam titik focus pertama F’1 dari lensa cembung kedua yang disebut lensa okuler. Lensa okuler beraksi sebagai kaca pembesar dan pembentuk bayangan terakhir I’ dari I. Posisi I berada di antara titik terdekat dan terjauh mata.


G.    Metode Pembelajaran
1.        Metode Pembelajaran                  : Ceramah, presentasi, diskusi
2.        Pendekatan Pembelajaran            : Saintifik
3.        Model Pembelajaran                    : Kooperatif

H.    Media, alat dan Sumber Belajar
1.      Media                    : powerpoint, LKPD
2.      Alat                       : proyektor, laptop, papan tulis, spidol
3.      Sumber belajar      :
-          Internet
-          Sumarsono, Joko. 2008. Fisika untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : CV. Teguh
Jaya

I.       Langkah-langkah Pembelajaran
Indikator
Kegiatan
Tahapan
Aktivitas
Metode
Media
Alokasi waktu
Penilaian
Guru
Siswa

Pendahuluan
Pembukaan
Mengucap salam, berdo’a menyiapkan peserta didik, membuka pertemuan, dan mengabsen kehadiran peserta didik
Menjawab salam, berdo’a, menyiapkan diri (duduk rapih, menyiapkan alat tulis dan keperluan lain yang dibutuhkan saat belajar), dan memberikan respon kepada guru

-
2 menit
sikap

Membagi Kelompok
Mengintruksikan peserta didik untuk menjadi 3 kelompok
Duduk sesuai dengan kelomponya masing-masing
Ceramah

1 menit
Menjelaskan sifat-sifat pemantulan cahaya pada cermin dan lensa

Apersepsi
Mengingatkan kembali materi optik saat di SMP/MTs
Mengingat kembali materi optik saat di SMP/MTs khusunya pada sifat-sifat cahaya
Tanya jawab
-
2 menit
Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teleskop
Inti
Mengamati
Guru membagikan LKPD kepada peserta didik perkelompok
Peserta didik menerima LKPD
Presentasi  
LKPD
30 menit


Sikap

Mencoba
Mengintruksikan peserta didik untuk membaca dan memahami, dan mendiskusikan LKPD yang telah dibagikan sesuai kelompok
Membaca dan memahami LKPD yang telah dibagikan sesuai kelompok
Diskusi
LKPD
-

Mengkomunikasikan
Mengintruksikan peserta didik untuk mempresentasikan dan menjelaskan LKPD yang telah dibaca dan didiskusikan sebelumnya sesuai kelompok
Menunjukkan dan menjelaskan gambar alat optik mata, kacamata, mikroskop, dan teleskop beserta fungsinya sesuai kelompok masing-masing
Presentasi
LKPD dan power point
Presentasi
Menanya
Memberikan peserta didik kesempatan untuk bertanya mengenai alat-alat otik
Bertanya mengenai alat-alat optik
Tanya jawab
LKPD
Mengasosiasi
Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membandingkan alat-alat optik dari setiap kelompok
Membandingkan alat-alat optik dari kelompok lain
Diskusi
LKPD
Menyimpulkan persamaan dan perbedaan prinsip kerja alat-alat optik
Penutup
Menyimpulkan
Meminta peserta didik untuk menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai persamaan prinsip dari alat-alat optik
Menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai persamaan prinsip dari alat-alat optik
Presentasi
-
2 menit
Berdo’a dan menutup pertemuan
Berdo’a dan menutup pertemuan


Sikap

J.      Penilaian Hasil Belajar
1.      Prosedur penilaian             : Tes formatif
2.      Teknik Penilaian                : observasi proses pembelajaran, presentasi kelompok
3.      Bentuk instrumen              : keterampilan mempresentasikan materi optik

K.    Tugas
Tugas kelompok                      :
·         diskusi dan presentasi sesuai dengan tema alat-alat optik yang dibagikan perkelompok
·         mengajukan 3 pertanyaan untuk setiap kelompok
·         menjawab pertanyaan dari kelompok lain

Komentar