Tips agar tampil percaya diri di depan umum


Assalamu’alaikum wr.wb.
Hallo, selamat datang di blog dunialugina.
Teman-teman, di zaman sekarang ini kita selalu dituntut eksistensinya bukan ? apalagi anak-anak sekolah pasti di kurikulum terbaru yang digunakan di sekolah mengharuskan peserta didik untuk aktif dan tidak terlepas dari tampil didepan umum (minimal di depan kelas). Kali ini Lugina mau bagi-bagi tips cara agar kita bisa presentasi, pidato, ceramah, jadi MC, dan sebagainya dengan lancar. Yuk simak tips-tipsnya
1.    Mengetahui tujuan tugas yang diemban. Maksudnya, kita harus tahu ketika kita tampil kita ini sebagai siapa, tugasnya apa, dan bagaimana. Jangan sampai ketika kita ditugaskan sebagai moderator malah kita lebih banyak mendominasi acara dibandingkan dengan pemateri atau narasumbernya itu sendiri. Atau jangan sampai ketika kita menjadi pemateri malah tidak mempersiapkan konten yang akan dibahas dengan mendalam.
2.    Mengetahui kapasitas audience. Kenapa ? karena dengan mengetahui kapasitas audience kita dapat mengetahui apa saja yang harus disiapkan ketika akan tampil di depan umum dan jangan lupa dengan mengetahui kapasitas audience kita juga harus merencanakan cara memenej situasinya.
3.    Memperdalam materi yang akan dibahas. Jangan sampai ketika kita akan presentasi atau pidato kita tidak memahami apa yang kita bahas. Bahaya tuh ! hehe... guru saya pernah berkata “banyak baca, banyak tahu. Sedikit baca, sedikit tahu. Tidak baca, tidak tahu.”
4.    Merencanakan alokasi waktu. Jangan lupa jika ketika kita tampil maka harus mengikuti tahap-tahap yang sistematis. Misalnya saat kamu akan pidato maka tentukanlah waktu untuk pendahuluan sekitar 5 menit, untuk membahas isi materi 25 menit, tanya-jawab 10 menit, dan untuk kesimpulan juga penutup 5 menit. Ini sangat penting karena dengan merencanakan alokasi waktu kita dapat mengefektifkan waktu saat kita tampil.
5.    Percaya diri. Kalau menurut saya percaya diri merupakan hal terpenting saat kita tampil di depan umum. Karena ketika kita percaya diri maka kita dapat mengendalikan situasi, mengendalikan audience, dan mengelola tahap-tahap presentasi sehingga kita dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Tapi kalau kita nerveous pasti yang ada malah kebalikannya. Jadi percaya dirilah, karena bagaimana orang lain akan percaya pada kita jika kita tidak percaya dengan diri sendiri.
6.    Berinteraksi dengan audience. Hal ini bermanfaat untuk mencairkan suasana agar menjadi lebih terasa hidup dan menjaga fokus audience agar mengikuti ritme kita selau penampil.

Untuk sementara tips nya segini dulu ya, kalau teman-teman mau menambahkan lebih baik lagi silahkan komen. Semoga sukses di setiap penampilannya..
Wassalamu’alaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP materi Optik Kurikulum 2013